Kamis, 19 Agustus 2010

Hasil Wawancara Ku Mengenai Kehidupan Anak Remaja Zaman Sekarang


Dari beberapa wawancara ku dengan beberapa anak remaja
Mengenai Kehidupan anak remaja
Dan ini lah hasil wawancaranya


Nama: Rismanta Sintong Martanto Simanjuntak
Umur: 15 Tahun
Pekerjaan: Pelajar


Menurut kamu kehidupan itu apa sih?
Kehidupan itu adalah kesempatan yang diberikan Tuhan

Menurut kamu apa itu arti sebuah keluarga?
Buat gw keluarga adalah tempat kita bersosialisasi sebelum kita keluar dari lingkungan pada lingkungan yang paling dekat dulu

Menurut kamu seberapa dekat kamu dengan keluargamu?
Gw deket banget sama keluarga gw
Saat gw senang-suka maupun duka


Pastikan kamu dekat dengan teman atau sahabat kamu.
Menurut kamu teman atau sahabat kamu itu bisa tidak dikatakan sebagai keluarga?

Kalau teman gw waktu gw smp sih bisa
Mereka sudah seperti saudara gw deket banget sama teman smp gw
Tapi kalau teman sma gw sok-sok gaul maksa banget
Jadi gw gak deket-deket banget sama teman sma gw


Selain keluarga, didalam hidup ini kita pasti merasakan percinta dan persahabatan
Menurut kamu apa itu cinta dan persahabatan?

Kalau cinta gw gak terlalu tahuarti cinta tapi gw suka banget sama kakak kelas gw yang namanya kak Cia anak 12 Sos 2
Kalau persahabatan itu sudah hamper sama seperti keluarga

Kalau di suruh choose one kamu lebih memilih sahabat atau pacar kamu?
Kalau masih sekolah sih gw lebih memilih sahabat
Tapi kalau pacar yah gw juga binggung tapi sahabat aja dech
(sambil tertawa bercanda)

Apa alasannya?
Soalnya gw lebih dekat sama sahabat gw
Kalau pacar gw terlalu nuntut (sambil tertawa bercanda berasa memiliki pacar)

Apa kamu sudah memiliki pacar atau pernah berpacaran?
Belum, soalnya waktu smp anaknya alay-alay bgt. Klo sma??

Pacaran yang sehat menurut kamu seperti apa?
Pacaran yang sehat itu saling memberi masukan pendapat
Saling kejar-kejaran nilai kalau disekolah


Menurut kamu apa itu anak gaul?
Gw juga gak terlalu ngerti sih gaul itu kaya gimana
Tapi setau gw gaul itu sok maksa, sok modis-modis
padahal mereka belum tentu gaul

Menurut mu kamu termaksud salah satu anak gaul bukan?
Gw tuch anak gaul banget
Apa contoh yang ada di dalam dirimu yang dapat dikatakan gaul?
Cause gw tuch terkenal di sekolah walaupun gak terlalu terkenal
Tapi dikelas gw terkenal
Da gitu gokil-gokil lagi anak-anaknya sama gw
Pokoknya gw tuch gaul banget fashionable (sambil bercanda)


Anak gaulkan biasanya suka nongkrong
Tempat nongkrong atau sering kamu kunjungi itu dimana?

Paling di mall-mall itu juga jarang males banget
Paling kalau gak dirumah-rumah teman
Apalagi paling enak di WC
hahaha…. :D (tertawa lepas)


Anak gaul sekarangkan kebanyakan dinilai dari mode pakaiannya yang mengikuti mode perkembangan zaman.
Apakah kamu suka mengikuti trend mode?

Gw gak suka ngikutin trend mode
Gw mau buat treand baru yang wah!!
Yang beda dari pada yang lain (dengan semangat)


Menurut mu pakaian seperti apa yang bisa dikatakan gaul?
Yang ada kerahnya
Yang model zaman sekarang
Yang agak sempit gitu celananya tiga perempat
Yang sepatunya nike yang gede-gede gitu, tinggi-tinggi, yang bertali
Kalau gak adidas atau converse bolehlah
Apalagi kalau kalung yang kaya Ronaldo gitu. Loe taukan!!! (dengan bangganya)

Menurutmu penting atau tidak pendidikan didalam pergaulan?
Penting banget, kalau loe gak tau pergaulan
Loe tuch culun banget
Loe gak bisa berinteraksi


Bagaimana caramu berkomunikasi didalam pergaulan sehari-hari?
Biasa aja paling gw cuma ngobrol biasa aja gokil-gokilan barng tapi gak sampai lebay

Gaul menurut kriteriamu itu dengan orang-orang yang seperti apa?
Yang terkenal, yang fashionable, yang tahu satu sama lain dech, yang gak culun

Apakah kamu memiliki kelompok bergaul?
Gak punya, paling cuma asik-asikan biasa

Seberapa sering kamu bergaul?
Sering, kalau diajakin aja kalau kalau gak bete
Kalau gak dirumah aja mending


Apa dampak pergaulan mu pada kehidupan sosialmu?
Jadi lebih bebas, lebih tahu satu sama lain, bisa juga terkenal sih
hehe….. :D

Menurut kamu bagaimana kehidupan anak gaul zaman sekarang?
Kehidupan anak gaul zaman sekarang rata-rata maksa sih…
Kadang ada yang lebai sampai makai narkoba
Kalau gak minum-minum di diskotik

Apa jika kita merokok, minum-minuman keras dan melakukan free sex itu termaksud contoh bergaul zaman sekarang?
Gaul sih, tapi gaul yang berlebihan
Gw gak suka

Menurut kamu factor apa yang mendorong anak-anak sekarang ingin menjadi gaul?
Dia ikut-ikutan teman
Soalnya nantikan minder kalau gak ikutan


Menurut pandangan mu, apakah semua kehidupan gaul itu buruk?
Gak juga sih, tapi ada yang bilang banyak sisi negatifnya

Sekarang inikan banyak sekali anak remaja yang salah pergaulan.
Bagaimana cara kamu menghindari pergaulan yang salah?

Dengan membatasi diri
Gak usah terlalu ikut-ikutan

Menurut kamu gaul yang sehat itu seperti apa?
Paling Cuma ganti-ganti trend atau fashion doang

Sekarang ini kebanyakan anak remaja di ibu kota banyak sekali yang kurang menjaga lingkungan.
Bagaimana cara kamu menanggapinnya?

Membuat organisasi untuk melakukan operasi semut
Buat memungut sampah sekali-sekali


Selain itu juga, zaman sekarang ini kebanyakan anak-anak dikota besar menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang kurang penting.
Seperti shooping, sementara kita lihat banyak anak yang belum bisa mengenyam bangku pendidikan.
Apa pendapat mu?

Boleh aja seperti itu tapi setidaknya sumbangkanlah sebagian
Apakah kamu salah satu anak yang suka menghamburkan uang?
Enggak kalau ada uang paling untuk membeli barang-barang yang perlu


Bila kamu diberikan kesempatan untuk menyuarakan aspirasi kamu tentang pendidikan kepada pemerintah Indonesia.
Apa yang akan kamu katakana?

Lebih diperhatikan dari pada pejabat-pejabat atau petinggi-petinggi Negara
Merekakan udah banyak gaji-gajinya
Jadi jangan terlalu diperhatikan petinggi-petinggi negaranya saja
Lebih di perhatikan masyarakat lg
Terutama PNS, apalagi nyokap gw gajinya Cuma segitu-segitu doang

Tolong berikan pesan kepada remaja-remaja kita tentang bagaimana cara bergaul yang baik tanpa menyimpang dari norma dan tetap peduli pada sesama dan lingkungan sekitar!
Untuk loe yang ngaku gaul-gaul dan tajir-tajir
Boleh fashion-fashion, tapi setidaknya perhatiin juga disekeliling loe
Trus loe bisa liat lingkungan loe yang kotor
Apa lagi anak-anak AGJ (Anak Gaul Jakarta)
Hehehehe…… (sambil bercanda)




Nama: Eva Theressa Febriyanti Hutabarat
Umur: 17 Tahun
Pekerjaan: Pelajar


Menurut kamu kehidupan itu apa sih?
Keluarga adalah anugerah terindah yang pernah aku miliki

Menurut kamu apa itu arti sebuah keluarga?
Keluarga itu tidah harus ayah, ibu, kakak dan adik
Teman-teman juga termaksud keluarga


Menurut kamu seberapa dekat kamu dengan keluargamu?
Deket

Pastikan kamu dekat dengan teman atau sahabat kamu.
Menurut kamu teman atau sahabat kamu itu bisa tidak dikatakan sebagai keluarga?

Bisa-bisa, setiap harikan kita ketemu sama teman
Curhat sama dia jadi mereka bisa dikatakan keluarga


Selain keluarga, didalam hidup ini kita pasti merasakan percinta dan persahabatan
Menurut kamu apa itu cinta dan persahabatan?

Cinta itu bisa pada siapa saja
Bisa sm teman, keluarga dan pacar. Iya gak!!!
Persahabatan adalah teman dekat banget dech
Lebih dari pacar dan saudara

Kalau di suruh choose one kamu lebih memilih sahabat atau pacar kamu?
Sahabatlah
Apa alasannya?
secara kita tuch curhat ke dia
Kalau ada masalah sama pacar, pasti curhatnya sama sahabat

Apa kamu sudah memiliki pacar atau pernah berpacaran?
Belum

Pacaran yang sehat menurut kamu seperti apa?
Pacaran yang sehat itu saling mensuport gimana pacarnya

Menurut kamu apa itu anak gaul?
Setau gw sih anak gaul itu zaman sekarang Cuma menang gaya doing
Tapi anak gaul yang sebenarnya menurut gw yang orang yang pinter dan smart

Menurut mu kamu termaksud salah satu anak gaul bukan?
Gw sih biasa aja
Gak gaul gak apa


Anak gaulkan biasanya suka nongkrong
Tempat nongkrong atau sering kamu kunjungi itu dimana?

Sehari bisa tiga kali yaitu kamar mandi
Hehehehehe……. :D (sambil bercanda)


Anak gaul sekarangkan kebanyakan dinilai dari mode pakaiannya yang mengikuti mode perkembangan zaman.
Apakah kamu suka mengikuti trend mode?

Kalau ditokonya yang lagi model yah gw beli aja
Ngikutin tokonya aja, kalau dia jual itu gw beli


Menurut mu pakaian seperti apa yang bisa dikatakan gaul?
Model zaman sekarang yang gaul

Menurutmu penting atau tidak pendidikan didalam pergaulan?
Pentinglah, kita bergaul sama orang-orang yang pinter-pinterlah
Jangan sama yang bodoh-bodoh biar kita bisa ikutan pinter juga


Bagaimana caramu berkomunikasi didalam pergaulan sehari-hari?
Ngobrol-ngobrol aja

Gaul menurut kriteriamu itu dengan orang-orang yang seperti apa?
Orang yang banyak teman dan pintar

Apakah kamu memiliki kelompok bergaul?
Kita mah gak main kelompok-kelompokan kita semua kan sama

Seberapa sering kamu bergaul?
Seringlah, dari sd, smp, sma gw bergaul
Digereja gw juga bergaul


Apa dampak pergaulan mu pada kehidupan sosialmu?
Punya banyak teman dan bisa tahu situasi dimana pun

Menurut kamu bagaimana kehidupan anak gaul zaman sekarang?
Kalau anak gaul yang ada diterminal itu bukan gaul namanya. Itumah Alay

Apa jika kita merokok, minum-minuman keras dan melakukan free sex itu termaksud contoh bergaul zaman sekarang?
Gak itu, dia ngada-ngada aja

Menurut kamu factor apa yang mendorong anak-anak sekarang ingin menjadi gaul?
Ikut-ikutan teman

Menurut pandangan mu, apakah semua kehidupan gaul itu buruk?
Enggak juga, tergantung kita memilih teman

Sekarang inikan banyak sekali anak remaja yang salah pergaulan.
Bagaimana cara kamu menghindari pergaulan yang salah?

Milih teman, bisa membedakan yang baik dan buruk

Menurut kamu gaul yang sehat itu seperti apa?
Bisa memilih yang sehat dan benar

Sekarang ini kebanyakan anak remaja di ibu kota banyak sekali yang kurang menjaga lingkungan.
Bagaimana cara kamu menanggapinnya?

Lebih baik dari pada shooping-shooping gitu mendingan diberikan sama yang gak mampu agar pendidikan menjadi rata
Apakah kamu salah satu anak yang suka menghamburkan uang?
Gw tuch itir banget
Sangking iritnya pulsa aja gw jarang isi
Hehehehehe…. :D


Selain itu juga, zaman sekarang ini kebanyakan anak-anak dikota besar menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang kurang penting.
Seperti shooping, sementara kita lihat banyak anak yang belum bisa mengenyam bangku pendidikan.
Apa pendapat mu?

Harus dibilanginlah, kan kedepannya gak baik untuk mereka

Bila kamu diberikan kesempatan untuk menyuarakan aspirasi kamu tentang pendidikan kepada pemerintah Indonesia.
Apa yang akan kamu katakana?

Lebih baik diadakan pendidikan 12 tahun atau kalau perlu seumur hidup agar sama rata

Tolong berikan pesan kepada remaja-remaja kita tentang bagaimana cara bergaul yang baik tanpa menyimpang dari norma dan tetap peduli pada sesama dan lingkungan sekitar!
Say No to Drugs :D



Nama: Katherine Ruth Ulibasa Hutasoit
Umur: 16 Tahun
Pekerjaan: Pelajar


Menurut kamu kehidupan itu apa sih?
Kehidupan itu menurut gw dibikin santai aja jangan dibikin ribet

Menurut kamu apa itu arti sebuah keluarga?
Keluarga itu tempat buat kita curhat dari yang baik, buruk, sahabat, pacar atau apapun
Keluarga itu bagaikan kaya sahabat kita aja


Menurut kamu seberapa dekat kamu dengan keluargamu?
Deketlah kan sering curhat

Pastikan kamu dekat dengan teman atau sahabat kamu.
Menurut kamu teman atau sahabat kamu itu bisa tidak dikatakan sebagai keluarga?

Bisa, soalnya kalau sahabat itu suka maupun duka kita dia pasti tetap ada

Selain keluarga, didalam hidup ini kita pasti merasakan percinta dan persahabatan
Menurut kamu apa itu cinta dan persahabatan?

Cinta Cuma bikin ribet
Tapi persahabatan itu indah


Kalau di suruh choose one kamu lebih memilih sahabat atau pacar kamu?
yah Sahabatlah!!
Apa alasannya?
Kalau sahabat gak bisa dicari dengan gampang dicari
Kalau pacar dibuang aja gak papa

Apa kamu sudah memiliki pacar atau pernah berpacaran?
Kayanya dan faktanya gw belum punya pacar

Pacaran yang sehat menurut kamu seperti apa?
Pacaran yang sehat itu gak neko-neko

Menurut kamu apa itu anak gaul?
Anak gaul itu anak yang suka ngikutin mode dan fashion

Menurut mu kamu termaksud salah satu anak gaul bukan?
Ya gak lah, ngapain ngikutin anak gaul kaya gitu cape-capein aja

Anak gaulkan biasanya suka nongkrong
Tempat nongkrong atau sering kamu kunjungi itu dimana?

Gw sih biasanya kalau gak di mall paling rumah teman-teman gw

Anak gaul sekarangkan kebanyakan dinilai dari mode pakaiannya yang mengikuti mode perkembangan zaman.
Apakah kamu suka mengikuti trend mode?

Ngapain yang ada bikin duit gw tiris

Menurut mu pakaian seperti apa yang bisa dikatakan gaul?
Pakaian yang nyantai yang gak bikin ribet gw

Menurutmu penting atau tidak pendidikan didalam pergaulan?
Pentinglah, secara pendidikan itukan sampai kita tua
Bahkan sampai kita mati


Bagaimana caramu berkomunikasi didalam pergaulan sehari-hari?
Paling kalau ada pr atau curhat-curhatan

Gaul menurut kriteriamu itu dengan orang-orang yang seperti apa?
Orang-orang yang baik, gak neko-neko dan gak suka ngecengin orang

Apakah kamu memiliki kelompok bergaul?
Kelompok bergaul gw sih gak ada
Tapi banyak banget temen gw yang bikin genk-genkan


Seberapa sering kamu bergaul?
Seringlah, secara di sekolah gw genknya banyak banget

Apa dampak pergaulan mu pada kehidupan sosialmu?
Biking w jadi males………… males…………. dan males……………….

Menurut kamu bagaimana kehidupan anak gaul zaman sekarang?
Sangat buruk……….. buruk………… buruk sekali………...

Apa jika kita merokok, minum-minuman keras dan melakukan free sex itu termaksud contoh bergaul zaman sekarang?
ya gaklah, kalau kaya gitu dia mah Cuma ikut-ikutan doang

Menurut kamu factor apa yang mendorong anak-anak sekarang ingin menjadi gaul?
ikut-ikutan teman

Menurut pandangan mu, apakah semua kehidupan gaul itu buruk?
Gak juga sih, ka nada gaul yang sehat kayak ke gereja ngobrol-ngobrol tentang agama

Sekarang inikan banyak sekali anak remaja yang salah pergaulan.
Bagaimana cara kamu menghindari pergaulan yang salah?

Jauhin aja orang-orang yang gak benar dan ikuti orang baik

Menurut kamu gaul yang sehat itu seperti apa?
Gaul yang sehat curhat-curhatandan gak tauran kaya gitu dech!!!

Sekarang ini kebanyakan anak remaja di ibu kota banyak sekali yang kurang menjaga lingkungan.
Bagaimana cara kamu menanggapinnya?

Itu orang yang gak benar
Kalau bisa diomelin aja kali tuch orang


Selain itu juga, zaman sekarang ini kebanyakan anak-anak dikota besar menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang kurang penting.
Seperti shooping, sementara kita lihat banyak anak yang belum bisa mengenyam bangku pendidikan.
Apa pendapat mu?

Menurut gw orang-orang kaya gitu dibuang aja
Buang-buangin duit aja
Sok kaya
Duit nyokap bokap loe jg

Apakah kamu salah satu anak yang suka menghamburkan uang?
Ya gaklah secara duit pulsa aja duit gw sendiri
Hehehehehe…. :D



Bila kamu diberikan kesempatan untuk menyuarakan aspirasi kamu tentang pendidikan kepada pemerintah Indonesia.
Apa yang akan kamu katakana?

Menurut gw orang-orang kaya pengamen-pengamen digratisin aja kali
Kalau bisa swasta-swasta juga digratisin jangan negeri doang

Tolong berikan pesan kepada remaja-remaja kita tentang bagaimana cara bergaul yang baik tanpa menyimpang dari norma dan tetap peduli pada sesama dan lingkungan sekitar!
Bergaul yang baik yang curhat-curhatannya sehat
Kalau loe ngaku orang-orang yang gaul abis, gaul gila
gak usah lebay kali kaya alay kali gaul kaya gitu :D





Nama: Giovanni Febrina H S
Umur: 15 Tahun
Pekerjaan: Pelajar


Menurut kamu kehidupan itu apa sih?
Kehidupan itu menurut gw anugerah dari Tuhan dimana loe bisa menikmati dunia ini dengan santai

Menurut kamu apa itu arti sebuah keluarga?
Keluarga itu menurut gw tempat kita bisa sharing dan cerita-cerita aja

Menurut kamu seberapa dekat kamu dengan keluargamu?
Deket banget, banget… banget… amat sangat dech…

Pastikan kamu dekat dengan teman atau sahabat kamu.
Menurut kamu teman atau sahabat kamu itu bisa tidak dikatakan sebagai keluarga?

Bisalah, karena dia bisa tahu kelebihan dan kekurangan kita
Tempat sharing kita


Selain keluarga, didalam hidup ini kita pasti merasakan percinta dan persahabatan
Menurut kamu apa itu cinta dan persahabatan?

Gw sih gak ngerti arti cinta
Yang gw ngerti itu arti kasih sayang
Kalau persahabatan sesuatu yang indah


Kalau di suruh choose one kamu lebih memilih sahabat atau pacar kamu?
Kalau pacar ada mantan pacar
Kalau sahabat gak ada mantan sahabat susah di cari boo….


Apa kamu sudah memiliki pacar atau pernah berpacaran?
Pernah

Pacaran yang sehat menurut kamu seperti apa?
Pacaran yang berhubungan dengan hal yang positif-positif aja

Menurut kamu apa itu anak gaul?
Anak yang pinter, yang cerdas dan yang berkreasi
Anak gaul sih menurut gw seperti itu

Menurut mu kamu termaksud salah satu anak gaul bukan?
Kalau menurut gw sih gw biasa aja

Anak gaulkan biasanya suka nongkrong
Tempat nongkrong atau sering kamu kunjungi itu dimana?

Ya bascamp-bascamp

Anak gaul sekarangkan kebanyakan dinilai dari mode pakaiannya yang mengikuti mode perkembangan zaman.
Apakah kamu suka mengikuti trend mode?

Kalau ikut-ikut lihat-lihat suka sih
Tapi gak terlalu lebay-lebay gitu


Menurut mu pakaian seperti apa yang bisa dikatakan gaul?
Yang nyaman, yang enak dilihat, yang nyantai aja

Menurutmu penting atau tidak pendidikan didalam pergaulan?
Penting banget, percumalah kalau loe gaul tanpa pendidikan
Nothing itu namanya gak ada apa-apanya itu


Bagaimana caramu berkomunikasi didalam pergaulan sehari-hari?
Ngobrol-ngobrol aja

Gaul menurut kriteriamu itu dengan orang-orang yang seperti apa?
Seperti yang tadi gw bilang orang yang pinter, cerdas, kreatif
Menurut gw sih itu anak gaul

Apakah kamu memiliki kelompok bergaul?
Kalau genk-genkan gitu sih gak ada
Berteman sama siapa aja
Kalau berkelompok sih ada, tapi gak lebay-lebay juga


Seberapa sering kamu bergaul?
Sering banget, hamper setiap hari kali

Apa dampak pergaulan mu pada kehidupan sosialmu?
Kalau dampak itu biasanyakan yang berhubungan dengan negative yah!!
Ya tergantung loe milih teman juga

Menurut kamu bagaimana kehidupan anak gaul zaman sekarang?
Agak mengkhawatirkan yah!!!

Apa jika kita merokok, minum-minuman keras dan melakukan free sex itu termaksud contoh bergaul zaman sekarang?
Menurut gw itu sih gak banget yah!!
Amat sangat enggak

Menurut kamu factor apa yang mendorong anak-anak sekarang ingin menjadi gaul?
ikut-ikutan

Menurut pandangan mu, apakah semua kehidupan gaul itu buruk?
Enggak, yah balik ke orangnya aja
Kalau loe milih yang buruk pasti loe ikut-ikutan buruk
Misalnya, loe berteman sama pencuri
Gak mungkin loe gak ikut-ikutan
Sedikit-sedikit loe pengen nyoba juga

Sekarang inikan banyak sekali anak remaja yang salah pergaulan.
Bagaimana cara kamu menghindari pergaulan yang salah?

Ya milih-milih teman

Menurut kamu gaul yang sehat itu seperti apa?
Mengkhawatirkan yah!!!

Sekarang ini kebanyakan anak remaja di ibu kota banyak sekali yang kurang menjaga lingkungan.
Bagaimana cara kamu menanggapinnya?

Misalnya, loe bisa beli baju sama hp tapi menanam pohon aja gak bisa
Yah cacat jadinya


Selain itu juga, zaman sekarang ini kebanyakan anak-anak dikota besar menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang kurang penting.
Seperti shooping, sementara kita lihat banyak anak yang belum bisa mengenyam bangku pendidikan.
Apa pendapat mu?

Kalau yang kaya gitu gak baik yah!
Harus lihat yang dibawah
Tapi lebih baik jadi orang sederhana aja kaya gw

Apakah kamu salah satu anak yang suka menghamburkan uang?
Kalau itu gak

Bila kamu diberikan kesempatan untuk menyuarakan aspirasi kamu tentang pendidikan kepada pemerintah Indonesia.
Apa yang akan kamu katakana?

Kalau bisa sekolah di gratisin samapi kuliah
Ya yang digratiskan juga kalau bisa jangan Cuma sekolah-sekolah negeri
Ya mungkin memang karena persaingannya yah!!
Tapi kalau bisa swasta juga biar pendidikan jadi rata

Tolong berikan pesan kepada remaja-remaja kita tentang bagaimana cara bergaul yang baik tanpa menyimpang dari norma dan tetap peduli pada sesama dan lingkungan sekitar!
Selalu berfikir positif, memilih teman dan dekat dengan Tuhan :D

Jadi pada intinya kita sebagai anak remaja yang mengaku gaul
Jangan hanya mementingkan diri kita sendiri
Tapi juga lihat dari lingkungan sekitar kita yang membutuhkan

2 komentar:

  1. *NUMPANG PROMO, yach…
    Kesempatan emas utk para pengguna TELKOMSEL dan pecinta FACEBOOK, utk mendapatkan SEPUASNYA tanpa batas semua langsung dari handphone kamu. GAMPANG! cukup ketik REG FB kirim ke 9789 (khusus pengguna telkomsel, yach..) Anda akan mendapatkan info2 penting tentang trik2 membuat facebook (upload foto,status, comment, dll..) ato gmn cara bergabung situs jejaringan sosial lain. Ayo ooo jgn sampe ketinggalan update2 info lainny..

    BalasHapus
  2. "*NUMPANG PROMO, yach...
    Telkomsel NET menyediakan semua info tentang INTERNET. Gampang dan Mudah, hanya dengan mengetik REG NET kirim ke 9789(khusus pengguna Telkomsel)... kamu bisa dapatkan tips-tips & kemudahan untuk meng-access atau men-download setiap link atau situs-situs yg ada di INTERNET. Semua langsung dari hp kamu. Tunggu apa lagi... Mari gabung di club Net kami!"

    BalasHapus

Trimakasih telah mengomentari blog ku ini
selamat bergabung